Maaf, Jika Aku Masih Melihat Masa Lalu


Maaf, Jika Aku Masih Melihat Masa Lalu

Aku hidup diantara tiga dunia: dulu, sekarang, dan nanti
Aku pernah hidup dalam dunia yang kusebut “dulu”
Kini aku hidup dalam dunia yang kusebut “sekarang”
Dan kelak aku akan hidup dalam dunia yang kusebut “nanti”

Aku punya catatan sejarah langkah kaki dalam hidup yang “dulu”
Sebuah catatan yang membuatku kini lebih banyak belajar
Kehidupan yang membuatku kini semakin berpengalaman
Pengandaian yang terkadang kurindukan

Aku hidup dalam dunia “sekarang”
Sebuah dunia yang menggambarkan siapa aku "sekarang"
Semua hal yang sedang kulakukan adalah sebuah perjuangan
Hal yang terkadang membuatku dalam waktu dekat jatuh dan terbangun

Aku juga memiliki berjuta impian, harapan, keinginan
yang tentu saja tidak bisa kulakukan "sekarang"
Ada penghalang yang menjadikanku terpisah dengannya
Hal tersebut adalah waktu yang selalu saja kehadirannya menjadi misteri

"Dulu" hidupku adalah suatu hal yang membingungkan
Terkadang bisa membuatku tersenyum bahagia, tertawa gembira
Saat itu aku tertawa lepas
Saat itu aku berjalan bebas
Saat itu aku belajar dengan luas
Aku selalu merindukan hal tersebut bisa kembali terjadi "sekarang"
Selalu kubayangkan senyum "dulu" bisa terjadi "sekarang"
Setiap waktu aku ingin melihat sosok diriku "dulu" dibandingkan "sekarang"

Namun aku lupa,
"sekarang" adalah siapa diriku sebenarnya
Masa lalu tetaplah masa lalu
Waktu takkan pernah bisa berputar karena kita bukan yang mengatur sejarah
Walau satu detik saja, ia takkan pernah kembali

Maafkan aku yang sering terpeleset dalam masa lalu
Maafkan aku yang terlalu berharap kamu kan kembali datang
Maafkan aku yang terkadang lupa berjuang
Maafkan aku yang tertarik menoleh kebelakang
Maafkan aku yang selalu membuat dia seolah-olah penghalang
Maafkan aku yang menjadikan kita tak berimbang
Aku akan belajar ikhlas...

Komentar