Cara Alami Untuk Melahirkan Tanpa Rasa Sakit



Melahirkan adalah ujung dari proses penantian yang panjang selama kehamilan. Ketika melahirkan adalah waktu yang terasa cukup berat bagi seorang ibu, bahkan ada ungkapan ketika melahirkan adalah antara hidup dan mati. Melahirkan adalah perjuangan kaum wanita untuk menjadi ibu.

Kelahiran anak alami adalah sebuah teknik melahirkan dengan penggunaan bantuan medis minimal, terutama anestetik (suatu tindakan menghilangkan rasa sakit ketika melakukan pembedahan dan berbagai prosedur lainnya yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh). Proses melahirkan dapat dilakukan melalui jalan lahir atau vagina (persalinan pervaginam), dan melalui sayatan pada dinding perut dan dinding rahim (persalinan perabdominam) atau dikenal dengan bedah sesar.

Cara Alami Untuk Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Banyak ibu hamil yang tidak ingin menggunakan suntikan epidural sebagai penghilang rasa sakit saat melahirkan. Suntikan epidural tetap akan membuat sang ibu dalam keadaan sadar karena sifatnya yang hanya anestesi lokal. Pada prinsipnya epidural akan bekerja pada daerah yang menjadi titik sakit. Sang ibu akan tetap dalam keadaan sadar layaknya persalinan normal pada umumnya, masih tetap harus mengejan dan akan tetap melalui proses kontraksi, namun tidak akan merasakan sakit yang luar biasa karena bagian tubuh dari pinggang ke bawah akan terasa kebas (mati rasa).


Nah, bagi para wanita yang tidak mau menggunakan suntikan epidural karena alasan takut, maka sebagai alternatif lain berikut cara alami untuk melahirkan tanpa rasa sakit.

  • Teknik pernafasan dan relaksasi
Menggunakan teknik pernafasan yang benar dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan, karena membuat relaks dan rahim dapat bekerja dengan efisien tanpa banyak membutuhkan tenaga ekstra dari sang ibu.

  • Hydrotheraphy
Teknik hydrotheraphy bila dilakukan dengan tepat dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan, aman, mempercepat proses melahirkan, serta mengurangi resiko robeknya perineum (area antara vagina dan anus).

  • TENS (Transcutaneous Electronic Nerve Stimulation)
Alat TENS memberikan gelombang elektrik yang memberikan rasa kebal, memblokir sinyal rasa sakit yang menuju otak, serta memicu produksi hormon endorphin sehingga sang ibu dapat melahirkan tanpa rasa sakit.

  • Akupunktur
Terapi akupunktur yang dilakukan beberapa bulan sebelum melahirkan dapat membuat proses melahirkan lebih lancar dan lebih nyaman.

  • Akupresur, pijatan, dan counter pressure
Ketiga jenis terapi ini dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Tubuh sang ibu akan lebih nyaman dan jauh dari rasa takut atau trauma.

  • Kompres
Kompresan hangat atau dingin pada punggung bagian bawah dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

  • Aroma terapi
Keharuman aroma terapi, misalnya wangi minyak esensial dapat mempengaruhi pikiran sang ibu agar menjadi lebih tenang dan relaks saat proses melahirkan.

  • Musik
Mendengarkan musik tentunya mengurangi ketegangan dan membuat lebih relaks, sehingga dapat mengurangi rasa sakit sang ibu saat melahirkan.

  • Gerakan, posisi bayi, dan perubahan posisi
Posisi bayi di dalam rahim sangat menentukan rasa sakit saat melahirkan, serta lama proses melahirkan. Sang ibu harus fleksibel merubah posisi atau postur tubuh agar dapat menyesuaikan pergerakan bayi dan mendapatkan posisi ternyaman.

  • Pendamping yang tepat
Perasaan nyaman ketika mendapat dukungan dari bidan atau dokter dan pasangan selama proses melahirkan, secara psikologis mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Itu tadi informasi tentang cara alami untuk melahirkan tanpa rasa sakit. Selain kesehatan fisik, emosi positif sang ibu juga sangat penting selama proses melahirkan. Ketakutan, kekhawatiran, dan gairah akan melepaskan adrenalin yang dapat memperlambat proses melahirkan. Bicarakan mengenai apa yang dirasakan dengan pasangan dan orang-orang terdekat kita. Relaksasi, pengandaian, perintah positif, dan dukungan emosi yang baik dan membantu melepaskan kecemasan dan meningkatkan kesiapan untuk proses melahirkan.

Komentar