Jangan Bermain HP Sebelum Tidur!


Jangan Bermain HP Sebelum Tidur!

Jaman sekarang, hampir tidak ada orang yang tidak memiliki smartphone. Smartphone seperti benda wajib untuk generasi masa kini, dan bahkan kegiatan sehari-hari pun banyak melibatkan smartphone.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa terlalu sering bermain smartphone sebelum tidur bisa mengganggu siklus tidur, dan sinar biru dari smartphone bisa menghambat hormon melatonin sehingga kita menjadi susah tidur. Hormon melatonin adalah yang membantu merespon tubuh untuk bersiap tidur.

Kurangnya kadar hormon melatonin bisa menyebabkan gangguan tidur insomnia, yang akan mengakibatkan orang menjadi mudah lelah, mudah stres, depresi, kurang konsentrasi, menurunkan sistem imun tubuh, diabetes, bahkan serangan jantung.

Kurangnya hormon melatonin juga bisa menurunkan tingkat kesuburan reproduksi, meningkatkan risiko serangan kanker payudara, karena melatonin juga berperan dalam mencegah terbentuknya sel tumor dalam tubuh.


Terlalu seringnya paparan sinar smartphone juga meningkatkan potensi kegemukan hingga 21 persen, karena kurang aktivitas fisik dan sibuk bermain smartphone.

Bermain smartphone sebelum tidur bisa merusak mata. Paparan sinar elektronik bisa memicu degenerasi makula atau katarak. Keduanya bisa memicu kebutaan atau hilangnya penglihatan.

Nah, itulah mengapa kita jangan bermain smartphone sebelum tidur. Memang, tidak ada salahnya memiliki gadget canggih karena membantu memudahkan kegiatan sehari-hari, namun jangan sampai kita lalai dan justru membahayakan kesehatan tubuh karena pengaruh gadget.

Komentar