5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Shalat


5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Shalat

Kita sebagai manusia sering kali sibuk dengan urusan dunia, dan mungkin ada yang sering kali melalaikan kewajiban utama sebagai seorang muslim yaitu shalat.

Malas untuk shalat biasanya dikarenakan cara berpikir kita jangka pendek saja. Berpikir untuk saat ini saja, tidak memikirkan apa yang akan terjadi pada hari esok, karena kematian bisa mendatangi kita kapan saja.

Shalat merupakan kewajiban manusia terhadap Allah SWT.

.ﻭَﻣَﺎ ﺧَﻠَﻘْﺖُ ﺍﻟْﺠِﻦَّ ﻭَﺍﻟْﺈِﻧْﺲَ ﺇِﻟَّﺎ ﻟِﻴَﻌْﺒُﺪُﻭﻥِ

"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan Manusia melainkan untuk menyembah kepadaku". (Adz Dzariyat (51):56).

Shalat juga dijadikan pembeda antara seorang muslim dan orang kafir. Seperti disebutkan dalam salah satu hadits Nabi yaitu, "yang membedakan muslim dan kafir adalah pada shalatnya".

Maksud dari hadits tersebut adalah, seorang bisa dikatakan muslim apabila dia sudah mendirikan shalat, dan seorang bisa dikatakan kafir apabila dia tidak melaksanakan shalat.


5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Shalat

1. Jadikan shalat sebagai kebutuhan

Shalat bukan hanya dijadikan sebagai kewajiban saja, tetapi hendaknya juga dijadikan sebagai kebutuhan. Kenapa? karena jika shalat hanya dijadikan sebagai kewajiban maka hal inilah yang bisa menjadi beban untuk menjalankannya, dan apabila kita bisa menjadikan shalat sebagai kebutuhan maka akan terasa ringan saat menjalankannya.

2. Jangan menunda shalat

Selain pahala shalat yang berkurang, menunda shalat juga dapat menambah rasa malas. Setan akan membujuk dan menggoda, awalnya setan hanya membujuk untuk menunda, lalu setan akan mengalihkan pikiran manusia agar lupa terhadap shalatnya.

3. Selalu mengingat nikmat Allah

Allah SWT telah memberikan nikmat yang banyak kepada manusia, seperti nikmat bernafas. Bayangkan jika kita harus bernafas dengan alat bantu yang biayanya mahal. Berapa biaya yang harus kita bayar sampai umur kita saat ini. Jadi apa susahnya meluangkan waktu beberapa menit saja untuk menunaikan kewajiban kita sebagai manusia terhadap tuhannya, yaitu menunaikan shalat.

4. Mengingat kematian

Setiap yang bernyawa pasti akan mati. Ingatlah kematian bisa datang kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu persiapkan amal baik kita sebelum kematian itu datang, karena apabila kematian itu datang maka tidak ada hal yang bisa diperbaiki lagi.

5. Ingatlah bahwa siksa Allah sangat pedih

Allah SWT akan menyiksa orang yang lalai terhadap shalatnya dengan siksa yang pedih. Jadi mari perbaiki ibadah kita mulai dari sekarang, sebelum Malaikat Izra’il datang dan mencabut nyawa kita. Apabila kita belum sempat bertaubat sampai akhir hayat kita, maka bersiap-siaplah menanti azab yang sangat pedih dari-Nya.

Nah, itu tadi 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Shalat. Karena shalat adalah amal yang pertama kali diperhitungkan di yaumul Hisab (hari perhitunganya amal manusia). Semoga kita semua lebih bersemangat lagi dalam beribadah kepada Allah SWT.

Komentar